Bupati Simeulue Lakukan Sidak ke Sejumlah SKPK Dua Orang PNS Terancam Dipecat

WARTAACEH.CO.ID: SIMEULUE - Bupati Simeulue Erli Hasyim melakukan sidak ke berbagai SKPK di jajaran pemerintah Kabupaten Simeulue dengan tujuan dimasa kepemimpinanya ingin membangun tertib administrasi dan tertib kedisiplinan di berbagai skpk di kabupaten simeulue.

Sekitar 60 persen jumlah SKPK yang sudah dikunjungi Bupati Simeulue dengan cara tidak diberitahukan  baik kepada kepala dinas maupun ke pegawai di dinas tersebut karena bupati ingin melihat sendiri kehadiran pegawai yang hadir serta ingin memastikan pegawai pada jam kerja apakah ada dikantor.

Pada senin 13 November 2017 hal  yang sama juga dilakukan bupati ke dinas pendidikan, bupati melakukan sidak tanpa diberitahukan langsung menuju ke salah satu ruangan di dinas itu dan diintruksikan kepada seluruh pagawai untuk berkumpul dan langsung dilakukan absen kehadiran oleh bupati sendiri.

Amatan media ini melihat bupati erli hasyim melakukan absen sendiri dengan cara memanggil satu persatu pegawai dimulai dari kepala dinas hingga pegawai kontrak, pada saat absen ada beberapa pegawai yang tidak ada ditempat langsung dipertanyakan oleh bupati, jika tidak ada keterangan yang jelas bupati langsung menandai nama tersebut di absennya.

Kepada media ini bupati simeulue erli hasyim mengatakan bahwa dirinya akan terus melakukan pemantauan ke berbagai skpk supaya dinas tersebut akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Saya berharap dengan kunjungan berbagai skpk ini akan terus kita lakukan pemantauan agar dinas-dinas bisa maksimal dalam melakukan pelayan kepada masyarakat, karena memang kita harus sadari bahwa posisi pelayanan yang hari ini dilakukan justru untuk memudahkan rentang kendali bagi seluruh masyarakat kita yang mungkin membutuhkan pelayanan dari berbagai skpk. katanya

Dikatakan Erli Hasyim betapa sulit masyarakat yang jauh dari berbagai wilayah terpencil ketika mereka kesini untuk mendapatkan pelayanan lalu pelayanan itu tidak maksimal tentu akan membuat mereka kesulitan terutama dalam memanfaatkan waktu, bayangkan berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan, serta waktu yang dikeluarkan yang seharusnya bisa bercocok tanam, kelaut dan sebagainya, maka dengan itu inisiatif yang akan kita bangun untuk memacu gerakan kedisiplinan ini, dalam rangka pelayanan kepada masyarakat kita, tambah erli hasyim

Yang kedua, lanjut bupati, saya berharap ini adalah merupakan potret bagaimana seluruh jajaran ASN yang ada di jajaran pemerintah kabupaten simeulue menyadari benar bahwa ini adalah sebuah tanggung jawab yang memang harus dilaksanakan dengan baik.

Selama bupati simeulue melakukan sidak ke berbagai skpk dirinya mengungkapkan bahwa ada beberapa temuan di lapangan, diantaranya mengenai sisi kebersamaan kinerja antara satu bidang dengan bidang yang lainnya di dinas itu, kedisiplinan pegawai dan penertiban serta pemeliharaan kantor.

“Temuan ada beberapa tempat yang kita lihat memang yang pertama adalah sisi bangunan kebersamaan kinerja yang ada di skpk itu, kadang agak sedikit kesulitan maka dari itu saya memberikan beberapa solusi agar setiap skpk itu membangun sebuah bangunan kinerja bersama antara beberapa bagian, serta saya juga melihat ada beberapa dinas yang belum merapikan administrasi kedinasannya yang mungkin perlu kita pacu pemeliharaan kantor, penertiban dan sebagainya. Ungkap bupati simeulue erli hasyim.

Terkait banyak oknum pegawai yang tidak disiplin bupati mengatakan Justru ini yang sedang kita pacu, kita pantau, maka dari itu saya berharap kepada seluruh penanggung jawab di SKPK, kepala dinas dan sekretaris untuk bisa memantau seluruh aparatur pegawai negeri yang ada dilingkungannya masing-masing, dan kemudian melakukan tindakan yang memang kita berharap tindakan ini akan berdampak pada sebuah proses perubahan, ada sanksi-sanksi administrasi yang mungkin bisa diberikan. katanya

“Memang kalau dalam undang-undang hari ini seorang pegawai negeri 45 hari tidak masuk kerja itu sudah bisa diberhentikan oleh kepala daerah dan bahkan ini ada dua orang yang akan kita berhentikan. Kata erli

“Ada 2 orang pegawai akan kita berhentikan, memang sangat meresahkan karena ketidakhadiran dan ketidakdisiplinan, itu sudah saya disposisi untuk diberhentikan semoga ini menjadi sebuah pelajaran bagi seluruh pegawai agar dari sisi kedisiplinan ini sangat dijaga," tegas Bupati Simeulue Erli Hasyim.(fauzan)