4.600 Pelajar di Simeulue Dapat Bantuan Beasiswa

WARTAACEH.CO.ID: SIMEULUE - Sebanyak 4600 Pelajar SD, SMP dan SMA/SMK sederajat dikabupaten Simeulue, Provinsi Aceh mendapat bantuan beasiswa dari program anggota DPR RI Dapil Aceh melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diluar kuota dinas.

Beasiswa yang dikucurkan kepada pelajar di Kabupaten Simeulue pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Setiap daerah di Kabupaten/Kota setiap tahunnya mendapat bantuan program beasiswa dari Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud. Namun, beasiswa yang diberikan tersebut tentunya sangat terbatas. Sehingga sebagai perwakilan rakyat di DPR RI, meminta tambahan melalui program mereka yang diluar kuota dinas pendidikan daerah.

Hal ini diungkapkan Anggota DPR-RI Teuku Riefky Harsya, Asal Aceh kepada wartawan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Simeulue, untuk menyerahkan Beasiswa secara simbolis. Jum’at (1/12/2017).

Dikatakan Teuku riefky, bahwa Ia sebelumnya di DPR RI komisi 10 membidangi pendidikan telah berhasil memperjuangkan melalui program kementerian dan lembaga RI diluar kuota regular yang diusulkan oleh dinas provinsi, kabupaten kota di Aceh sebanyak 167.686 beasiswa sementara untuk kabupaten simeulue meningkat drastis tahun ini dari tahun sebelumnya.

Tahun sebelumnya Kabupaten Simeulue hanya diberikan 1000 beasiswa, sementara pada tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 4600 siswa. Beasiswa ini diberikan setiap tahun dengan cara ditranfer langsung ke rekening siswa.

Dirincikannya, untuk pelajar tingkat SD sebesar Rp.450.000 dan tingkat SMP sebesar Rp.750.000, serta tingkat SMA/SMK Rp. 1.000.000. Sementara untuk mahasiswa ditanggung biaya kuliah dari masuk hingga selesai, serta mendapatkan biaya hidup sebesar Rp. 600.000 setiap bulannya.

“Beasiswa untuk kabupaten Simeulue tahun ini meningkat, ini juga adanya permintaan dari Bupati Erli Hasyim dan Anggota DPRK Simeulue dari partai Demokrat, mereka menjumpai saya untuk meminta ditambahkan beasiswa karena masih banyak yang tidak tertampung makanya melalui program kami di komisi 10 DPR RI kami berikan untuk tahun ini sebanyak 4600 beasiswa," Kata Teuku Riefky Harsya yang juga menjabat sebagai Sekjen Demokrat.

Sambungnya, kondisi Kabupaten Simeulue setiap tahun harus lebih baik dari yang sebelumnya, baik periode tingkat Bupati maupun DPRK  harus lebih baik dari yang sebelumnya.

 “Memang untuk meningkatkan ini semua harus memiliki SDM, makanya kami di komisi 10 mencoba membantu dengan cara memberikan beasiswa supaya generasi penerus mampu berkarya dimasa yang akan datang," ujarnya.

Lanjutnya, Simeulue memiliki potensi wisata, maka dari itu Ia berharap agar wisata di Kabupaten Simeulue dapat berkembang, dengan harapan dapat menjadi salah satu lapangan pekerjaan dan juga salah satu sumber untuk menambah pendapatan daerah.

"Kami dari Partai Demokrat, baik Pusat, Provinsi serta DPRK dan Bupati akan memikirkan bagaimana wisata di Kabupaten Simeulue akan berkembang," pungkas Politisi Partai Demokrat. [Fauzan]